ASAL MULA WARDAH BEAUTY AGENT
Ada sebuah percakapan di
saat bener-bener belum tau tentang hubungannya WARDAH dengan PT Paragon
Technology and Innovation.
Tanya : “Apa yang kamu
ketahui tentang WARDAH?”
Jawab : “Wardah adalah
satu-satunya merk kosmetik yang sudah halal.”
Tanya : “Apa yang kamu
ketahui tentang PT Paragon Technology and Innovation?”
Jawab : ”PT Paragon itu
kan mall.”
Tanya : “Menurutmu, apa
hubungannya WARDAH dengan PT Paragon Technology and Innovation?”
Jawab : “Paragon itu kan
pusat belanja dan wardah itu kosmetik. Jadi didalam mall ada yang jual produk
wardah kosmetik.”
Tanya : "Kamu
Wardah Beauty Agent kan? Klo gitu kamu salesnya wardah dong?"
Jawab : "Iya, aku
Wardah Beauty Agent Semarang. Enggak kok, Aku bukan salesnya. Tapii, Aku Wardah
Brand Ambassador of Campus."
Nahhh, ini lah yang
sering kita dengar dimasyarakat jika mereka kurang pengetahuan tentang PT
Paragon Technology and Innovation. Padahal Wardah adalah salah satu brand dari
PT Paragon Technology and Innovation. Selain itu, Wardah Beauty Agent dibentuk
untuk mahasiswa agar mereka selalu mensosialisasikan tentang kesehatan kulit
yang aman dan halal.
Bagaimana Sejarah
PT Paragon Technology and Innovation?
PT Paragon Technology and Innovation berdiri pada
tanggal 28 Februari 1985 dengan nama awal PT Pusaka Tradisi Ibu. Perusahaan ini
baru berganti nama menjadi PT Paragon Technology and Innovation pada tahun
2011. Perusahaan ini didirikan oleh pasangan suami istri Drs. H. Subakat Hadi,
M.Sc dan Dra. Hj. Nurhayati Subakat, Apt. Pada masa itu, pendiri melihat masih
ada peluang yang terbuka. Perusahaan ini dimulai dengan sederhana namun sudah
diusahakan dengan tata cara yang baik. PT Pusaka Tradisi Ibu (PTI) pada awal
berdirinya hanya memproduksi perawatan rambut. Pada tahun 1987, perusahaan ini
mengeluarkan produk perawatan rambut dengan merk Ega yang dipasarkan ke
salon-salon. Kemudian lahir produk Putri yang sampai sekarang masih diproduksi.
Pada bulan Desember 1990, PT Pusaka Tradisi Ibu
mendirikan pabrik produksi di Kawasan Industri Cibodas Tangerang. Pendirian
pabrik yang baru ini bertujuan untuk menambah kapasitas produksi yang terus
meningkat.
Pada tahun 1995, PTI meluncurkan produk terbarunya kosmetika
kecantikan berlabel halal dengan merk Wardah. Namun, belum bisa berjalan dengan
baik dikarenakan rekanan manajemen yang kurang baik. PTI kembali mencoba
mengembangkan Wardah pada tahun 1996 dengan tetap bekerja sama dengan agen
dalam pemasarannya. Sejak itu penjualannya mulai menanjak dan PT Pusaka Tradisi
Ibu memasuki pasar tata rias (decorative).
Ketika krisis ekonomi 1998, banyak perusahaan sejenis
yang tutup. Daya beli masyarakat anjlok sementara harga bahan baku naik sampai
empat kali lipat. PTI mengambil reaksi cepat menyikapi krisis tersebut di saat
pesaing-pesaing lain tidak berproduksi. Setelah melewati masa krisis selama
empat bulan, PTI justru mengembangkan pasar. Ide untuk
membuat kosmestik khusus untuk komunitas muslimah baru muncul sepuluh
tahun kemudian. Munculnya produk ini didasari atas kesadaran pemilik perusahaan
terkait produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan tidak sesuai dengan syariat
Islam. Berawal dari kekhawatiran produk yang telah ada mengandung unsur yang
diharamkan dalam syariah. Sehingga alumnus farmasi ITB Bandung itu memilih nama
“Wardah” (arti: bunga mawar) untuk nama merk kosmetik barunya
Pada tahun 1999-2003, PTI mengalami perkembangan
kedua. Penjualan merk Wardah pada masa tersebut melonjak pesat. Pabrik lain di Kawasan
Industri Jatake Tangerang didirikan dan mulai beroperasi pada tahun 2001. PTI
mulai memodernisasi perusahaan pada tahun 2002-2003. Perusahaan ini mulai masuk
ke pasar umum yang memerlukan perubahan dari segi internal. Selain itu, juga
melalui program promosi dan membina tim promosi.
Pada tahun 2005, PT Pusaka Tradisi Ibu sudah
menerapkan Good Manufacturing Practice (GMP) dan Cara
Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB). Sampai sekarang, di Indonesia baru 80
pabrik dari keseluruhan 760 pabrik yang sudah menerapkan CPKB. Selain itu, PTI
menjadi percontohan pelaksanaan CPKB untuk industri kosmetika yang lainnya. PTI
sampai dengan saat ini sudah memiliki 26 Distribution Centre (DC) hampir di
seluruh wilayah Indonesia. Saat ini perusahaan ini telah memiliki DC di
Malaysia. PT Paragon Technology Innovation (PTI) berdiri sejak 1985
dan telah mendapatkan sertifikat GMP (Good Manufacturing Practice) dengan
kapasitas produksi yang besar dan formulasi kosmetik yang unggul.
Dengan pengalaman lebih dari 28 tahun, PTI telah
membawa Wardah sebagai brand lokal terbesar di Matahari, Departemen Store
terbesar di Indonesia. PTI juga terus mengembangkan brand-brand unggulan
lainnya (Make Over, Putri, IX, Vivre, Hair Addict, Nusilk).
Apa sih WBA itu??
WBA (singkatan dari Wardah
Beauty Agent) merupakan wadah yang tepat bagi mahasiswa untuk menginspirasi para wanita agar peduli dengan kecantikannya dan
wardah kosmetik adalah pilihan yang tepat untuk merawat kecantikan agar lebih
percaya diri.
Wardah Beauty Agent ini kelompok yang
dibentuk dari Wardah cosmetics yang dinaungi oleh PT Paragon Technology
and Innovation. WBA merupakan kumpulan
mahasiswi yang peduli akan kecantikan dan bersedia melakukan berbagai langkah
kecil untuk dapat menjadikan semua wanita merasa lebih cantik dan percaya diri.
Adapun tugas WBA ini ialah mempromosikan brand kosmetik wardah serta
melaksanakan project atau event yang berhubungan dengan kecantikan dan dapat
mengispirasi banyak orang.
Refrensi :
http://nazulatulasmakzula.blogspot.co.id/2016/08/asal-mula-wardah-beauty-agent.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar